PERHATIAN!

Perhatian! Blog ini isinya karya fiksi. Semua posting di blog ini adalah hasil rekaan, jika ada kesamaan cerita, nama tokoh dan tempat adalah kesamaan yang tidak disengaja.

Selasa, 30 Oktober 2012

Ojeg Dadakan (Lagi)

Kali ini gue bakalan cerita di blog tanpa teknik narasi cerpen. Gue mau cerita ke lo --iya lo yang lagi baca teks ini-- sebagai orang, mungkin temen, yang kebetulan atau sengaja baca blog gue.

Gue heran campur seneng, ternyata ada, bahkan lumayan agak banyak juga orang yang baca blog gue, padahal dia nggak follow blog gue. Mungkin yang nggak follow blog gue tapi baca blog gue itu dia buka twitter gue atau FB gue kali ya, terus ngeklik link ini, mungkin mereka atau lo agak kepo kali ya. Hehehe, bercanda kok. Kalo yang follow blog gue, mungkin liat di dasbor ada postingan baru, jadi pengen baca, terus baca deh.

Stop, gue tau pikiran lo. "Ini kok nggak nyambung sama judul sih?" "Jadi mana cerita tentang ojegnya?" Haha gitu kan yang di pikiran lo? Terus lo ngomong lagi dalem hati, "Sotoy amat!".

Oke mulai deh ceritanya. Kali ini gue nggak salah ngira pria biasa sebagai tukang ojeg kok, tenang. Dan gue mau cerita sesuatu yang mengandung hikmah (bukan Hikmah temen lo), moral value istilah lainnya mah. Ciyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee, Jenni bijak ciyeeeeeeeeeeeee. (Eh, ini namanya belum mulai cerita ya? Di paragraf selanjutnya gue mulai deh, janji.)

Jadi waktu itu tu malem-malem, abis ujan, gue mau ke klinik Padjadjaran. Dan malem itu nggak ada ojeg, tapi nggak becek. Dan kebetulan, lo tau apa? Pasti tau? Baca judulnya! Ada bapak-bapak naik motor muncul kira-kira satu sampe dua menit setelah gue celingukan cari ojeg.

Gue nggak mau terlalu husnuzaan kalo itu ojeg sambil nanya, "A, Ojeg ya?". Gue sering salah ngira soalnya. Tapi gue tetep berharap bapak-bapak itu ngacungin telunjuk kirinya sambil bilang "Ojeg Neng?". Ok, gue mikir seketika, gimana caranya tu bapak-bapak mau nanyain atau sekedar negor gue. Tu motor jaraknya 20 meter dan dia lagi jalan ke arah gue. Gue liatin terus aja tuh motor, sambil maju mundurin kepala seolah lagi nyari orang atau nunggu orang.

Dan...binggo! Tu bapak-bapak berenti terus nanya gini, "Dari mana Neng?"
"Saya mau keluar Pak, makanya nyari ojeg tapi nggak ada."
"Mau ke mana gitu?"
"Mau ke gerbang, Pak."
"Oh, hayu atuh sama saya aja."
"Lah, nggak apa-apa Pak?"
"Nggak apa-apa lah, ngojek sekali-kali."

Alhamdulillaah, bapak ini ngebantu banget. Dan gue beruntung, dapet ojeg dan nggak harus nunggu lama. Malem gini, apa lagi abis ujan, biasanya nggak akan ada ojeg, dan jalanan pasti sepi. Padahal gue harus ke klinik, dan kalo bener-bener nggak ada ojeg, gue harus jalan kaki. Beruntung lah gue malem itu.

Yaudah, pas udah nyampe, gue kasih dia uang 5000. Biasanya dari wisma Pedca ke gerbang itu cuma 3000, tapi gue emang pengen ngasih segitu. Terus bapaknya bilang ke satpam gerbang, "Mang, aya tukeran receh teu?"
"Teu aya." Jawab satpam gerbang.
"Yaudah pak nggak usah dikembaliin." Gue nyaut.
"Nggak usah?"
"Nggak usah."
"Neng mau sampe sini aja, apa mau keluar, mau ke mana gitu? Kosan temen?"
"Nggak pak, saya mau ke klinik, tapi mau ke ATM dulu."
"Neng teh di Bale?"
"Bukan Pak, wisma Pedca."
"O, yaudah ya Neng ya."
"Iya Pak."

Sebenernya gue mau ke klinik setelah ke ATM, tapi uang gue di dompet tinggal 5.000 coy. Kasian tu bapak-bapak, sampe klinik padjadjaran cuma gue kasih 5.000. Nanti nggak bisa ngasih uang lebih. Padahal gue dapet keberuntungan, masa nggak memberi tanda terima kasih. Lagi pula bapak ini satpam, jadi dia harus lanjut patroli. (Gue nyadar dia satpam setelah liat celana sama sepatu boat nya, pas gue udah turun dari motor.)

Ok, gue mikir dulu, mau jalan kaki jauh menanjak sampe klinik, atau jalan kaki dikit sampe pangkalan ojeg di sebelah tempat jualan koran? Mending jalan ke pangkalan ojeg deh, soalnya badan lagi nggak fit, nanti pasti capek banget kalo jalan kaki sampe klinik.

Gue sampe di pangkalan ojeg dan banyak dari mereka yang baru turun dari ojeg. Itu artinya, mereka sibuk nganter jemput penumpang. Berarti kalo ngasih 50.000 ada kembalinya lah ya.

Ada bapak-bapak nanya, "Ojeg Neng?"
"Iya Pak."
Dan gue pun naik ke motor. Dan nggak sampe lima menit, nyampe.

"Nih Pak."
"Waduh Neng, nggak ada uang kecil?"
"Nggak ada pak?"
"Uang untuk ngembaliin duit Eneng kurang nih, cuma ada 30.000."
"Saya juga nggak ada uang lagi pak."
"Yah, yaudahlaah enggak apa-apa."
Gue pun shock! Masa ada tukan ojeg --beneran ojeg-- sebaik ini? Gue pun nyari di tas, kali aja ada duit receh.
"Eh ini ada Pak, tapi cuma 2000."
"Yaudah Neng nggak apa-apa."
"Makasih ya Pak."

Ya ampun bapak ini baik banget. Kalo satpam atau orang biasa yang jadi ojeg dadakan wajar lah ya baik, niat awal mereka nganterin gue kan nolong, bukan cari uang. Nah ini, tukang ojeg beneran yang niatnya emang cari uang, bisa berubah seketika jadi nolong.

Semoga bapak tukang ojeg ini masuk surga. Aamiin.

Nah, cerita gue udah selesai. Lo dapet hikmah nggak? Bukan Hikmah temen lo ya. Pesan moral. Dapet nggak? Apa pesan moralnya?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar